RESEP MINUMAN BERAS - KENCUR (MINUMAN SANG PERKASA)



BERAS - KENCUR

MINUMAN SANG PERKASA

Bahan :
* Beras 10gr disangrai
* Kencur segar 15gr
* Jahe segar 4gr
* Asam jawa 5gr
* Kayu manis 0,1gr
* Cengkih sedikit
* Kunyit sedikit
* Gula aren 20gr
* Garam sedikit
* Air 100ml

Cara Pembuatan :
* Beras disangrai (digoreng tanpa minyak)
Kencur, jahe, kayumanis, kunyit, cengkih, potong kecil-kecil, kemudian rebus selama 10 sampai 15 menit, sambil sekali-sekali diaduk.
* Rebusan tersebut kemudian disaring dengan kain bersih, pada beningan yang masih panas tambahkan garam dan gula sesuai dengan selera masing-masing.

Indikasi Utama : Sifat hangat, Rasa Pedas - Manis, sedikit asam

Khasiat : menghilangkan rasa capai dan pegal pada persendian atau otot, serta menyegarkan dan mencegah masuk angin

Arti formula :
* Bahan Utama :
1. Beras : bersifat netral dan rasanya manis bermanfaat untuk limpa dan lambung dan berkhasiat untuk gangguan pencernaan dan menguatkan limpa serta menambah nafsu makan. Namun pada dosis besar dapat melukai energy ginjal serta tidak cocok untuk ibu hamil

2. Kencur : sifat hangat, aromatic rasa pedas sedikit pahit. Bermanfaat untuk mengobati batuk, menambah nafsu makan, dan berkhasiat untuk mengobati sakit perut, mual, muntah, masuk angin, kembung, pegellinu, rematik dan lain-lain.
* Bahan Pembantu :
- Jahe : rasa pedas dan sifat agak hangat, bermanfaat untuk paru dan limpa, berkhasiat menghangatkan badan, meredakan muntah, menawarkan racun dll.
* BahanPenyerta :
A. Asam : mengerutkan, mengesatkan, mengukuhkan (menahan), Mengerutkan, dan mengukuhkan (mengobati keringat berlebih, dll), mengesatkan sperma, menghentikan keringat serta mengawetkan dan pengelat. Berkhasiat : astringen (menciutkan) dan mengurangi produksi lendir. Herba ini umumnya digunakan untuk mengatasi : keringat berlebih akibat defisiensi, batuk dan diare, membantu meningkatkan jumlah sperma, mengatasi beser mani (air mani keluar tanpa kendali atau berlebihan), keputihan, perdarahan vagina menahun, dan masih banyak lagi.
B. Kunyit : bersifat hangat pahit sedikit pedas, bermanfaat untuk mengharmoniskan limpa dan hati, berkhasiat menghilangkan bekuan darah, melancarkan aliran darah, melancarkan haid dan menghilangkan nyeri.
C. Garam : melunakan, dan merangsang diare, Menghilangkan reak, melunakan keras membuyarkan gumpalan, melunakan kotoran, melembabkan usus merangsang diare, melunakan tuberkel, melunakan benjolan tumor. Berkhasiat : pencahar dan melancarkan BAB, melunakan dan memecahkan massa (gumpalan) keras seperti benjolan getah bening di leher, gondok, massa di perut dan masih banyak lagi.
D. Kayu manis : bermanfaat untuk memperkuat efek terapi
* Bahan Pengarah dan Pengharmonis :
- Gula aren : mengarahkan dan mengharmoniskan bahan obat.
* Cara Pemakaian : minum 1x sehari 1 gelas (200ml), sebelum tidur (tanpa gula). Ampas dapat digunakan untuk parem pada kaki dan tangan. Untuk menambah rasa segar dan asam dapat ditambah jeruk nipis secukupnya.


Saudaramu
Irfan fauzi Di kutip dari chanel alqiyanji

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Kritik dan Saran Anda