MANFAAT BUAH LENGKENG


KEMBALI KE ALAM
KHASIAT DAN MANFAAT LENGKENG
Eephoria longana



Uraian Tanaman

Lengkeng Pohonnya senantiasa memiliki daun hijau dan bisa mencapai ketinggian 10 meter atau lebih. Buah ini berbentuk bulat bola dengan diameter 12 – 20mm. kulit luarnya berwarna coklat kekuningan dan kasar.

Buah mata naga ini Daging buahnya putih agak bening dan mengandung banyak jus. Rasanya sungguh enak dan matang pada musim panas. Ditengah-tengah buah ini terdapat biji berwarna hitam kecoklatan.
Baik lengkeng maupun buah minor lainnya jenis ini dikonsumsi terutama dalam keadaan segar. Dan terdapat industri pengalengan lengkeng yang cukup besar yaitu di Thailand, China, dan Taiwan. Buah-buah yang besar digunakan untuk dikalengkan, dan lebih baik lagi yang berbiji kecil. Buah lengkeng dapat dikalengkan dalam sari buahnya sendiri dengan sedikit atau tanpa gula, berkat ketinggian tingkat padatan yang dapat larut. Lengkeng kalengan dapat mempertahankan rasa aslinya lebih bai dari leci atau rambutan. Lengkeng dapat diawetkan dalam keadaan kering, baik secara utuh ataupun perikarpiumnya di buang.
Daging buahnya yang kering berwarna hitam, menjangat dan rasanya agak berbau asap, dan terutama digunakan untuk membuat minuman penyegar. Biji lengkeng dimanfaatkan untuk membuat shampo, berkat kandungan saponinnya.
Di China bunga lengkeng dijual di pasar dalam ramuan jamu. Kayu lengkeng yang berwarna merah dan keras, serta kayu “mata kucing” yang cukup keras, berwarna coklat muda sampai kekuningan, berguna sebagai obat akan tetapi sulit didapat.

Bagian yang digunakan : baik biji maupun dagingnya dapat digunakan sebagai obat. Akan tetapi seringnya Bagian yang digunakan berupa buah matang yang dikumpulkan pada musim gugur. Buah ini dipanggang atau dijemur sampai kering lalu dikupas kulitnya dan di buang bijinya. Lalu kembali dijemur hingga kering, dan tidak lengket. Terkadang buah ini di panggang sampai kering bersama kulit dan bijinya.
Sifat dan Rasa :

Buah : hangat – manis. Tidak mengandung racun, buah ini dapat memperkuat limpa, memperkaya darah, meningkatkan kekuatan dan mengendurkan saraf.

Kulit : hangat – asam agak manis, bersifat astringen.

Biji : asam agak manis, bermanfaat untuk membantu menghentikan pendarahan, mengatur arus energi vital dan menghilangkan rasa nyeri.
Buah yang dijemur : hangat – manis.
Buah yang dipanggang sampai kering bersama kulit dan bijinya : Sangat hangat – asam.

Baik Untuk organ :
Buah yang dijemur : jantung dan limpa
Buah yang dipanggang sampai kering bersama kulit dan bijinya : hati dan limpa

Khasiat :
Buah segar : memulihkan tenaga, menghilangkan bau badan, meningkatkan selera makan, menjaga kesehatan kulit, memperlancar saluran pencernaan dan mencegah konstipasi.

Buah yang dijemur :

Mentonifikasi Jantung
Mentonifikasi Limpa
Menenangkan Jiwa
Buah yang dipanggang sampai kering bersama kulit dan bijinya :
Menghangatkan badan tengah
Mengusir dingin
Memacu aliran energi vital
Menghilangkan rasa sakit
Mengatasi nyeri lambung
Menghentikan cegukan
Menghilangkan nyeri hernia
Menghentikan diare

Biji : mempersempit jaringan kulit dan menghentikan pendarahan.

Kandungan zat gizi dan fitonutien serta Manfaatnya :
Buah : Sukrosa, Glukosa :
Protein : berfungsi sebagai bahan dasar pembentukan sel-sel dan jaringan tubuh. Selain itu, protein juga berperan dalam proses pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan jaringan tubuh yang mengalami kerusakan. Protein merupakan molekul besar yang terdiri dari rangkaian asam amino. Asam amino penting yang harus ada dalam konsumsi makanan sehari-hari dikenal dengan istilah asam amino esensial.
Vitamin A : berperan dalam berbagai fungsi faali tubuh, diantaranya menjaga kesehatan mata, menjaga kornea mata agar selalu sehat,mencegah buta senja, memelihara proses diferensiasi sel, menjaga fungsi kekebalan tubuh, termasuk meningkatkan imunitas tubuh, antibodi, antivirus, berperan dalam proses sintesis protein,berperan dalam proses reproduksi, serta mencegah kanker dan penyakit jantung, dapat pula,mempercepat penyembuhan luka,dan mempersingkat lamanya sakit campak, menyembuhkan influenza, dan
inveksi lainya, merangsang fungsi kekebaan tubuh, menghambat oksidasi kolesterol yang menyumbat arteri, dsb
Vitamin B : bagian dari enzim yang berperan dalam proses tubuh, misalnya dalam menghasilkan energi, metabolisme lemak, kolestrol dan karbohidrat serta pembuatan beberapa senyawa tubuh seperti hormon sex dan adrenalin.
Vitamin C : dibutuhkan untuk pembuatan kolagen (protein berserat yang membentuk jaringan ikat pada tulang), pengangkut lemak, pengangkut electron dari berbagai reaksi enzimatik, pemicu gusi yang sehat, pengatur tingkat kolesterol, pemicu sistem kekebalan tubuh, untuk anti oksidan, membantu mencegah berbagai macam jenis kanker : kanker paru, kolon, kandung kemih, pancreas, payudara, juga mengurangi radikal bebas pemicu kanker. dapat mengurangi resiko katarak, memperkuat dinding kapiler darah, mengurangi resiko penyakit jantung, menghambat penuaan, memperbaharui sel darah putih, sangat sensual untuk membentuk sperma, kekurangan vit C pada pria dapat menghambat dalam memperoleh keturunan, perbaikan membutuhkan waktu satu bulan dengan meningkatkan vit C sebanyak 500 mg,kualitas dan kuantitas sperma serta aktifitasnya dapay ditingkatkan dengan mengkonsumsi vit C. dapat mengurangi resiko pada perokok pasif. Resiko perokok pasif adalah kerusakan sel yang bias menyebabkan kanker atau penyakit pernafasan lain, anti pembusukan dan penambah gairah,hormon sex penambah gairah kaum lelaki.
Asam tartar : menghambat pertumbuhan bakteri penyebab gangguan pencernaan
Mineral, potasium dan zat besi : untuk pembentukan butir darah merah dan berperan dalam pusat pengaturan molekul hemoglobin sel-sel darah merah, juga berperan dalam metabolisme energi, termasuk sintetis DNA oleh beberapa enzim, serta dalam kekebalan tubuh.
Serat : melancarkan BAB,menurunkan kolesterol,menetralkan racun
Biji
Saponin : bersifat mengikat dan menurunkan kolestrol, menstimulasi imunitas, mencegah penyakit jantung koroner, dan sebagai anti kanker. Dan peluruh batuk
Asam amino : Membangun sel pertahanan tubuh, Mereparasi kerusakan sel, menurunkan tekanan darah
Tanin : banyak digunakan untuk keputihan, peradangan, melangsingkan tubuh, dan antiseptic.
Daun : kuersetin dan kuersitrin
Kuersetin : membantu mencegah pertumbuhan sel kanker prostate, dengan cara menghambat aktivitas hormone androgen. antioksidan yang efektif mencegah kerusakan sel atau jaringan pembuluh darah dengan cara menurunkan kadar kolesterol LDL (low density lipoprotein) dan pada saat bersamaan akan meningkatkan HDL (high density lipoprotein). Mencegah munculnya Parkinson (mencegah kerusakan fungsi memorisel otak yang disebabkan stress oksidatif akibat radikal bebas)

Dosis Pemakaian : 6 – 12gr. Sumber referensi : Chanel telegram AlQianjy Ditulis Ulang Alhimyah.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mohon Kritik dan Saran Anda